f

Minggu, 08 Agustus 2010

Rahasia Tetap Bugar Saat Berpuasa

Sebentar lagi, umat Islam diwajibkan puasa selama 14 jam sejak imsak sampai adzan Magrib pada bulan Ramadhan. Tak sedikit, orang yang berpuasa mengeluh dirinya merasa lemas karena aktivitasnya tetap berjalan seperti biasa. Lalu, bagaimana agar tetap fit dan bugar saat berpuasa?

Dokter Ahli Gizi, Samuel Oetoro, mengungkapkan, orang yang menjalani ibadah puasa biasa merasa lemas karena ada kesalahan dalam mengonsumsi makanan selama berpuasa. Saat berbuka, banyak orang biasa mengonsumsi yang manis-manis dari semua jenis gula, seperti kolak, sirup, dan sejenisnya.

“Gula dapat menaikkan tensi darah secara cepat dan juga mengurangi dengan cepat,” ungkapnya. Selama bulan Ramadhan, lanjut dokter dari Cluster Wellnes RSCM Kencana ini, orang yang berpuasa harus menerapkan gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh. Tubuh manusia membutuhkan karbohidrat kompleks sebanyak 60 persen, seperti makanan yang mengandung serat, buah dengan kulitnya, banyak makan sayur, protein sebanyak 10-15 persen, dan lemak sehat yang terkandung dalam kedelei, alpukat, dan lain-lain.

Lebih rinci ia menganjurkan, ketika sahur, sebaiknya mengonsumsi makanan yang menyuplai energi dalam tubuh agar fit sepanjang hari, seperti makan besar yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan menjelang imsak, cukup mengonsumsi karbohidrat, yaitu buah dan kulitnya serta sayuran.

Karena sore hari gula darah dalam tubuh biasanya drop dan harus dinaikkan tensinya, saat berbuka dianjurkan mengonsumsi yang manis dari buah-buahan, salah satunya kurma dan buah-buahan yang diblender. Setelah shalat Maghrib, Samuel merekomendasikan makan besar dengan gizi seimbang.

Usai salat tarawih juga dianjurkan makan lagi dengan bahan yang kaya karbohidrat seperti roti gandum, buah, sayur, untuk memperkuat otot, dan melancarkan darah. Selain makanan sehat, Samuel mengingatkan agar orang berpuasa tetap olahraga. Sebaiknya pada sore hari 30 menit sebelum berbuka. “Biar langsung minum setelah buka, karena setelah berolahraga tubuh kita butuh air,” tutur dia.

0 komentar:

Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!
 

KUMPULAN SKRIPSI Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template