f

Kamis, 25 November 2010

Cara Memperbaiki Kerusakan File Boot.ini


File boot.ini adalah file tersembunyi yang digunakan untuk mengidentifikasi di folder yang mana, partisi partisi mana dalam hard drive Windows XP berada. Boot.ini bisa menjadi rusak, korup atau terhapus karena beberapa alasan dan akhirnya memberi pesan kesalahan. Memperbaiki kerusakan pada file boot.ini tidak jauh beda dengan memperbaiki file boot yang lain yang sudah saya bahas sebelumnya. Mudah untuk teknisi komputer menengah keatas, namun lumayan puyeng untuk kelas pemula. Perbaikan atau penggantian file boot.ini biasanya membutuhkan waktu 10-15 menit.

Ikuti langkah-langkah mudah untuk perbaikan file boot.ini yang rusak atau menggantinya jika terihapus.

  1. Ikuti langkah Melakukan Recovery Console Dengan CD Windows XP. Recovery Console adalah mode diagnostik lanjutan dari Windows XP dengan alat khusus yang akan memungkinkan Anda untuk memperbaiki file boot.ini.
  2. Ketika Anda mencapai langkah 7 di recovery console diatas, ketik perintah [Bootcfg /rebuild] tanpa tanda [ ] kemudian tekan Enter.
  3. Utilitas Bootcfg akan melakukan scan hard drive Anda untuk setiap instalasi Windows XP dan kemudian menampilkan hasilnya. Ikuti langkah-langkah untuk menambahkan Anda instalasi Windows XP ke file boot.ini.
  4. Anda akan dikonfirmasi dengan [Add installation to boot list? (Yes/No/All)] Ketik Y dalam menanggapi pertanyaan dan tekan [Enter].
  5. Prompt berikutnya meminta Anda untuk [Enter Load Identifier:]. Ini adalah permintaan nama dari sistem operasi. Sebagai contoh, ketik [Windows XP Professional] atau [Windows XP Home Edition] isi sesuai versi Windows yang anda gunakan dan tekan [Enter].
  6. Konfirmasi akhir meminta Anda untuk [Enter OS Load options:]:. Ketik [ /fastdetect ] tanpa tanda [ ] dan tekan [Enter].
  7. Tunggu sampai proses selesai. Keluarkan CD Windows XP, ketik [Exit] dan kemudian tekan [Enter] untuk restart PC Anda.

Sekarang asumsi kita bahwa file boot.ini yang hilang atau rusak sudah diperbaiki, Windows XP sekarang harusnya sudah jalan normal.

0 komentar:

Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!
 

KUMPULAN SKRIPSI Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template