f

Minggu, 16 Januari 2011

Istilah motivasi

Istilah motivasi

Istilah motivasi adalah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu “movere yang bererti menggerakkan. 


  1. Perhatian

Perhatian siswa di dorong oleh rasa ingin tahu.oleh sebab itu rasa ingin tahu perlu dapat rangsangan sehingga siswa akanmemberikan perhatian danperhatian tersebut terpelihara selamaproses belajar mengajar, bahkan lebih lamalagi. Rasa ingin tahu ini dapat dirangsang atau di pancing melalui elemen-elemen yang baru, aneh,lain dengan yang sudah ada.


Apabila elemen-elemen deperti itu dimasukkan dalam rancangan pembelajaran, hal itu akan menstimulir rasaingin tahu siswa. Namun yang perlu di perhatikan stimulir tersebut jangan terlalu berlebihan, sebab akan menjadikan hal yang biasanya dan kurang keefektifan.


  1. Kepuasan

Kepuasan dalam mencapai suatu tujuan akan menghasilkan kepuasan dan siswa akan termotivasi untuk terus berusaha mencapai tujuan serupa. Kepuasan karena mencapai tujuan dipengaruhi oleh konsekuensi yang diterima,baik yang berasaldari dalammaupun dari luar siswa.

Untuk memelihara dan meningkatkan motivasi siswa,guru dapat menggunakan pemberian penguatan berupa pujian, kesempatanlain.


Berkaitan dengan hal tersebut diatassudah sangat jelas sekali bahwa, seseorang di dalam melakukan sesuatu tindakan pasti mempunyai suatu alas an yang dijadikan dasar, atas sebab apa dia melakukan tindakan tersebut. Pengertian motifasi tidak tidak bias dipisahkan dengan kebutuhan. Seseorang yang melakukan tindakan pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Senada dengan pengertian tersebut diatas, Freemont dan James seperti yang diterjemahkan oleh Hasyim Ali menyatakan :

“ motivasi adalah apa yang menggerakkan seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu atau sekurang-kurangnya mengembangkan sesuatu kecenderungan prilaku tertentu yang dapat dipacu oleh rangsangan luar atau yang lahir dari dalam diri orang itu sendiri.”


Setiap manusia memiliki kebutuhan-kebutuhan secara teratur yang secara sadar maupun tidak, berusa untuk mewujudkannya. Hal ini menunjukkan bahwakebutuhan merupakan awal timbulnya sesuatu prilaku, diperlukan adanya suatu dorongan (motivasi) yang mampu menggerakkan atau mengarahkan prilaku tersebut. Setiap manusia berbeda  antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan itu selain pada kemampuannya dalam bekerja juga .


Menurut Sadirman A.M Motivasi adalah :”motivasi juga dapat dikatakan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu,sehingga seseorang itu

0 komentar:

Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!
 

KUMPULAN SKRIPSI Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template